Kamis, 12 Juni 2014

Kartun dan Anime terpopuler menurut voting secara world wide dan independen di TheTopTens :


1. Spongebob Squarepants
                                         
     SpongeBob SquarePants adalah sebuah serial animasi yang paling populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun ini ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat dan dicipta oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, dan diterbitkan oleh perusahaan beliau, United Plankton Pictures Inc. Seri kartun ini ditayangkan di Malaysia menerusi saluran Nickelodeon dan TV3, dan juga melalui saluran TV9 yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu.
     Di Indonesia serial ini dipopulerkan oleh Lativi (sekarang tvOne), kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV. Kartun ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut dan animator Stephen Hillenburg dan lalu dirilis melalui perusahaannya United Plankton Pictures Inc. Serial ini settingnya berada di Samudra Pasifik di kota Bikini Bottom.

2. The Simpsons
                                           
     Mungkin kita agak kurang setuuju jik The Simpsons menduduki peringkat ke 2 sebagai animasi paling populer di dunia. Karena animasi ini tidak begitu terkenal bahkan agak asing di Indonesia. Tapi ini adalah voting secara world wide dan yang vote bukan hanya orang Indonesia.
     The Simpsons adalah sebuah serial kartun komedi Amerika Serikat yang populer. Simpsons diciptakan oleh Matt Groening. Program ini pertama kali mulai ditayangkan sebagai potongan acara Tracey Ullman Show pada tahun 1987.
     Setiap episode Simpsons berfokus pada kehidupan keluarga Simpsons yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa dan Maggie tinggal di sebuah kota bernama Springfield. Keluarga Simpsons ini disertai lebih dari 300 tokoh-tokoh pendukung yang sendiri juga telah cukup dikenal para penontonnya. Saat ini, The Simpsons ditayangkan oleh FOX di Amerika Serikat, dan merupakan serial animasi terpanjang dalam sejarah Amerika Serikat. The Simpsons sudah menjajaki musim ke-24 pada tahun 2012.
     Meskipun berformat kartun, The Simpsons merupakan acara yang ditujukan untuk pemirsa dewasa. Tema-tema yang diangkat beraneka ragam dan tak jarang memasukkan topik yang sensitif. Serial ini banyak dikenal atas komedi satir yang menyinggung kehidupan sosial di Amerika Serikat pada khususnya. Selain itu, The Simpsons juga sering menghadirkan bintang tamu, baik aktor, politikus, olahragawan, dan figur publik lainnya yang seringkali mengisi suara tokoh mereka sendiri.
     Merayakan ulang tahun ke-20 serial The Simpsons, film The Simpsons Movie diluncurkan pada tahun 2007, meraih laba kotor $527 juta (sekitar Rp5 triliun)

3. Tom and Jerry
                                    
     Siapa yang tidak mengenal kartun yang satu ini. Bisa dibilang kartun ini adalah kartun paling populer di Indonesia sebelum adanya Spongesbob Squarepants di tahun 2004-2005 pertama muncul di Indonesia.
     Tom and Jerry adalah sebuah serial animasi Amerika Serikat hasil produksi MGM yang bercerita tentang seekor kucing (Tom) dan seekor tikus (Jerry) yang selalu bertengkar. Seri animasi ini telah memenagkan penghargaan Academy Award (Piala Oscar) dan membentuk dasar dari seri sukses studio Metro-Goldwyn-Mayer (MGM). Cerita pendek mereka ini diciptakan, ditulis dan disutradarai oleh dua orang animator bernama William Hanna dan Joseph Barbera (mereka kemudian terkenal sebagai Hanna-Barbera).
     Seri animasi ini diproduksi oleh MGM Cartoon Studio di Hollywood pada tahun 1940 hingga 1957 saat unit animasi studio tersebut ditutup. Pada tahun 1960, MGM mempekerjakan Rembrandt Films (pimpinan Gene Deitch) di Eropa Timur untuk memproduksi seri Tom and Jerry ini.
     Produksi Tom and Jerry kembali ke Hollywood pada tahun 1963, dikerjakan oleh Sib-Tower 12 Productions pimpinan Chuck Jones. Seri produksi ini berlangsung hingga tahun 1967.
     Tom and Jerry muncul kembali di acara kartun televisi hasil produksi Hanna-Barbera (1975-1977; 1990-1993) dan Filmation Studios (1980-1982). Film animasi pendek produksi MGM karya Hanna dan Barbera dikenal karena telah memenangkan tujuh Academy Award, sama dengan prestasi Silly Symphonies karya Walt Disney. Dua karya ini adalah karya animasi seri yang paling banyak menerima penghargaan.

4. South Park
                                             
     Satu lagi animasi yang kurang bersinar di Indonesia ternyata populer di dunia yaitu South Park.
     South Park adalah sebuah serial televisi kartun dari Amerika Serikat untuk Orang Dewasa yang diciptakan dan ditulis oleh Matt Stone dan Trey Parker. Diedarkan dan ditayangkan oleh Comedy Central sejak 1997, seri ini menceritakan pengalaman empat anak Sekolah Dasar yang tinggal di suatu kota kecil di South Park, Colorado. Salah satu episodenya, berjudul Best Friends Forever, meraih Penghargaan Emmy pada tahun 2005 dalam kategori Program Animasi Terbaik.

5. Looney Tunes
                                         
     Animasi bergenre komedy konyol memang sedang di gandrungi para peminat animasi pada jamannya. Hingga animasi ini bisa menembus pasar Internasional.
     Looney Tunes adalah kumpulan serial TV yang terbagi menjadi puluhan episode. Serial ini diproduksi oleh Warner Bros. dengan acara serupa, Merrie Melodies.
     Nama acara ini merupakan variasi dari Silly Symphonies milik The Walt Disney Company. Tokoh-tokoh utama yang terlibat ialah Bosko, Buddy, kemudian Bugs Bunny, Daffy Duck, Porky Pig, Elmer Fudd, Sylvester, Tweety, Marvin the Martian, Taz, Wile E. Coyote dan Road Runner, Foghorn Leghorn, Yosemite Sam, Pepé Le Pew, Speedy Gonzales, dsb.

6. Dragon Ball Z
                                        
     Dragon Ball Z adalah satu-satunya animasi Jepang yang berhasil merebut hati voters sehingga masuk deretan 10 besar animasi paling populer di dunia. Pertama muncul di serial Dragon Ball saya berfikir animasi ini mengadopsi cerita legenda Kera Sakti. Karena karakternya mirip-mirip. Ini buktinya :
-Biksu Tong (Krilin)
-Kera Sakti/Sun go kong (Son Goku)
-Dewa Kura-kura (Master Roshi)
-Patkay/Siluman Babi (Oolong)
-Wucing (Yamcha)
     Tapi ternyata alur ceritanya berbeda jauh... hehehe

     Dragon Ball (ドラゴンボール) adalah sebuah manga dan anime Jepang yang dikarang oleh Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. Albumnya terdiri dari 42 buku dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelumnya Dragon Ball juga pernah diterbitkan oleh Rajawali Grafiti.

7. Regular Show
                                                  
     Di Indonesia kartun ini sangat asing ditelinga kita. Karena jarang sekali ditayangkan atau mungkin tidak pernah ada yang menayangkan ..
     Regular Show adalah sebuah serial animasi televisi Amerika yang diciptakan oleh JG Quintel untuk Cartoon Network. Serial ini berkisah tentang kehidupan dua teman, Blue Jay bernama Mordekhai dan rakun bernama Rigby, keduanya bekerja sebagai tukang kebun di sebuah taman. Upaya yang biasa mereka lakukan sering menyebabkan kesialan nyata yang baik di natural atau supranatural,mereka sering dimarahi bos mereka benson karena seringkali tidak mau bekerja dan hanya malas malasan dan ada juga skips si yeti penasihat sekaligus orang seringkali memecahkan masalah ,pops orang yang berkepala lolipop yang sensitif dan mudah menangis ada juga muscle man dan high-five,high-fiveghost sering dipanggil five,ada juga margaret yang bekerja di kafe yang sering dikunjungi mordekai dan rigby sebenarnya mordecai jatuh cinta dengan margaret tapi seringkali margaret membawa pacar namun pacarnya margaret seringkali diputusi olehnya, ada juga alan teman sekafe margaret juga pacar rigby,di kartun ini ada banyak kata pecundang. Tagline acara ini, "It's anything but", menyinggung ini. Serial ini diproduksi oleh Cartoon Network Studios. Meskipun serial ini tidak mengudara di blok Cartoon Network Adult Swim dan berperingkat TV-PG, serial ini dianggap lebih tepat sebagai sitkom animasi dewasa daripada kartun anak-anak.

8. Family Guy
                                
     Family Guy adalah film seri kartun televisi yang berasal dari Amerika Serikat. Diciptakan oleh Seth MacFarlane, serial ini menceritakan tentang keluarga Griffin yang terdiri dari Peter, Lois, anak-anak mereka Chris, Meg dan Stewie dan seekor anjing yang dapat berbicara bernama Brian. Seth MacFarlane juga menyuarai Peter, Stewie dan Brian. Karena lelucon-leluconnya dianggap kontroversial, serial ini dilarang diputar di berbagai negara seperti Albania, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Tiongkok dan Taiwan.

9. Ed, Edd, and Eddy
 
                              
     Berhubung saya juga tidak mengetahui tentang kartun ini, jadi saya ambil saja dari wikipedia.

 
10. Avatar: The Last Airbender
 
 
                                       
 
     Avatar: The Legend of Aang (bahasa Indonesia: Avatar, pengendali angin terakhir; dikenal sebagai Avatar: The Last Airbender di Amerika Serikat dan beberapa negara) adalah sebuah serial animasi televisi Amerika yang ditayangkan oleh jaringan televisi Nickelodeon. Mengambil tempat di dalam dunia seni beladiri dan sihir unsur-unsur alam dengan pengaruh Asia, ceritanya mengikuti petualangan demi petualangan dari penerus gelar Avatar bernama Aang dan teman-temannya dalam perjalanan mereka menyelamatkan dunia dari Negara Api yang keji. Serial ini dituliskan dalam bentuk serial buku, dengan setiap episodenya dianggap sebagai sebuah "bab" (chapter) dan setiap musimnya disebut sebagai "buku" (book). Di Indonesia, film ini ditayangkan oleh Global TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar